Kumpulan Wisata Alam Curug Purbalingga

Kawan Unik, kali ini kita berwisata alam dulu yuk! Biar muka fresh gak kurang piknik :D Berhubung sekarang admin berdomisili di Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah walaupun sampe sekarang belum bisa ngomong Bahasa Jawa, tapi admin lebih bahagia disini :D karena wisata alamnya disini masih alami banget. Ngomogin wisata alam, banyak dibeberapa daerah yang udah dirubah, jadi nuansa alaminya berkurang. Untuk di Purbalingga sendiri masih banyak wisata alam yang masih alami banget. Contohnya wisata curug yang ada di Purbalingga, sebagian dari curug ini udah admin kunjungin, tapi masih banyak juga yang belum. Mungkin dari Kawan Unik sebagian ada yang belum tau apa itu Curug? biasanya orang yang tinggal dikota besar gak tau apa itu curug. Curug adalah air terjun, kalo bahasa Inggrisnya WaterFall.

Okelah yuk kita langsung ke TKP aja nih ;

1. Curug Nini
Curug Nini berada di Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga, tepatnya di Desa Cipaku. Curug Nini curugnya mini tapi keindahannya maksi. Curug ini tingginya kurang lebih 10 meter, jadi buat Kawan Unik yang pengen terjun dari atas curug tapi takut ketinggian, curug ini cocok banget deh. Curug ini punya air yang jernih dan tetap mengalir walaupun musim kemarau, padahal secara geografis Kecamatan Mrebet merupakan dataran tinggi, yang kalo musim kemarau ya pastilah banyak sumur kering. Curug ini merupakan aliran sungai Pingen.
Kumpulan Wisata Alam Curug Purbalingga - Kawan Unik
Curug Nini - Cipaku.



2. Curug Ciputut
Masih di Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga tepatnya di Desa Serayu Larangan, Curug Ciputut namanya. Curug ini memilik tinggi tebing kurang lebih 30 meter, jadi kalo Kawan Unik mau loncat jumping harus mikir ulang dulu. Untuk menuju kelokasi curug ini lumayan agak susah, sangat cocok buat para pecinta alam atau kegiatan outbound lainnya.
Kumpulan Wisata Alam Curug Purbalingga - Kawan Unik
Curug Ciputut - Serayu Larangan



3. Curug Tuntung Laut
Jangan jauh jauh Kawan Unik, masih disekitaran Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga, tepatnya di Desa Binangun ada Curug Tuntung Laut. Lokasinya masih tersembunyi alias lewat pedesaan dalam dan butuh tenaga ekstra buat sampe kesana. Tapi jangan khawatir Kawan Unik, sampe disana semua rasa cape akan terbayar puas.
Kumpulan Wisata Alam Curug Purbalingga - Kawan Unik
Curug Tuntung Laut - Binangun



4. Curug Tempuran
Masih betah di Kabupaten Purbalingga, sekarang beranjak ke Kecamatan Bojongsari Desa Bumisari ada Curug Tempuran disana. Nama Curug itu sendiri diambil dari masyarakat karena sumber air curug itu berasal dari dua aliran sungai yaitu Sungai Lutung dan Sungai Lembarang. Disana juga terdapat kolam curug yang bening alami. Kolamnya bisa buat ngumpet kan :D
Kumpulan Wisata Alam Curug Purbalingga - Kawan Unik
Curug Tempuran - Bumisari



5. Curug Sumba
Yang satu ini lokasinya agak jauh dari pusat kota Kawan Unik dan dari curug yang sebelumnya. Tepatnya di Kecamatan Karangreja Desa Tlahab Kabupaten Purbalingga, ada Curug Sumba yang masih sangat alami. Dari namanya kaya macam rimba gitu ya, tapi gak taulah, admin gak mau ngarang soal nama, takut dikomplain sama yang punya kawasan. Curug ini masih terbilang sepi karena lokasinya yang lumayan jauh, dan untuk menuju kelokasi juga gak gampang, tapi seperti biasa, kalo udah sampe disana rasa cape ilang.
Kumpulan Wisata Alam Curug Purbalingga - Kawan Unik
Curug Sumba - Tlahab



Gimana menurut Kawan Unik tentang Wisata Alam Curug di Purbalingga? Semoga bisa menjadi referensi Kawan Unik buat yang mau piknik. Selain wisatanya yang masih alami, biayanya juga murah, ada yang masuknya gratis cuma bayar parkir, karena masih dikelola oleh warga setempat (Pokdarwis) sedikit info tentang Pokdarwis ini adalah kelompok warga yang sadar wisata dan yang bertanggungjawab diwilayah wisata setempat. Sebenarnya masih banyak lagi Curug lainnya yang ada di Kabupaten Purbalingga. Mungkin diantara Kawan Unik ada yang tinggal di Purbalingga atau ada teman, sahabat, kerabat yang diluar Purbalingga bisa share artikel ini buat referensi acara piknik liburan bersama keluarga. Terimakasih.
Previous
Next Post »

9 komentar

Click here for komentar
September 16, 2016 at 7:56 AM ×

Kayaknya curug ciputut lebih sejuk deh kang, tapi sayangnya jauh kalau harus kesana.. jadi saya ke curug yang ada di daerah saya saja ah :-)

Reply
avatar
September 16, 2016 at 1:28 PM ×

yang di rembang juga gak kalah keren lho, http://lesta1690.blogspot.co.id/2014/05/air-terjun-tersembunyi-purbalingga.html

Reply
avatar
September 17, 2016 at 8:25 AM ×

Kawan Unik : Saya dari Tasikmalaya mas. Ohh yaa ? sayangnya saya bukan bule amrik mas tapi bule Tasik :-D

Reply
avatar
Kawan Unik
admin
September 26, 2016 at 2:42 AM ×

emang daerahnya dimana mas? curug di Pbg lagi hits banget loh,, bule amrik aja udah sampe sini hehe :D

Reply
avatar
Kawan Unik
admin
September 26, 2016 at 2:42 AM ×

iya yang di rembang blm sempat saya post , lagi kehilangan file potonya -_-

Reply
avatar
Kawan Unik
admin
September 26, 2016 at 2:43 AM ×

hehe bule Tasik kaya gimana mas :D

Reply
avatar
October 2, 2016 at 2:07 PM ×

Saya dari tasik mas :-) Ohh ya ? seriusan itu mas ? kalau begitu aku pengen nih berkunjung ke curug di purbalingga :-D

Reply
avatar
Piyan Kaka
admin
October 2, 2016 at 2:10 PM ×

hehee lumayan mas dari Tasik ke Purbalingga kira" 8 jam ..

Reply
avatar
Kawan Unik
admin
October 2, 2016 at 10:31 PM ×

iya betul itu, kira" 8 jam Tasik-Pbg he..he..

Reply
avatar