Pengertian dan Manfaat Salam Sesama Muslim

Assalamualaikum Kawan Unik.. kedengarannya lebih asik ya, lebih enak dibaca. Ya, tema kali ini memang berhubungan dengan salam. Dijaman sekarang yang serba modern dengan pertumbuhan manusia modern juga yang menghasilkan banyak anak gaul, yang terkadang sering lupa mengucapkan salam kepada sesama muslim lainnya saat bertemu. Kata yang sering diucap hanyalah, Hai, Woy, Coy, Bro, Sist, atau sering juga cuma sebatas kode klakson tin..tin.. lalu menghilang. Padahal mengucapkan salam kepada sesama umat muslim adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW. yang dapat merekatkan Ukhuwah Islamiyah.

Pengertian dan Manfaat Salam Sesama Muslim | Kawan Unik

Pengertian tentang mengucapkan salam hukumnya adalah Sunnah, dan bagi yang menjawab hukumnya adalah Wajib. Orang yang mengucapkan salam, berarti memberikan pernyataan bahwa dia aman tidak akan membahayakan. Mengucap salam bukan hanya dilakukan saat mengunjungi suatu rumah muslim saja. Diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA. bahwa Rasulullah SAW bersabda : "Kamu tidak dapat memasuki Surga kecuali bila kamu beriman. Imanmu belumlah lengkap sehingga kamu berkasih sayang satu sama lain. Maukah kuberitahukan kepadamu sesuatu yang jika kamu kerjakan, kamu akan menanamkan dan memperkuat kasih sayang di antara kamu sekalian? Tebarkanlah ucapan salam satu sama lain, baik kepada yang kamu kenal maupun yang belum kamu kenal." (Hr. Muslim)

Mengucap salam adalah termasuk doa yang istimewa dan amalan terbaik dalam agama Islam. Baik yang mengucapkan dan menjawab salam mendapatkan manfaat satu sama lain. Adapun tata cara bagi si pengucap salam seperti yang pernah diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dan Ibnu Abi Hathim : Bahwa suatu hari ketika Rasulullah SAW sedang duduk bersama para sahabatnya, seseorang datang dan mengucapkan, "Assalaamualaikum". Maka Rasulullah SAW pun membalas dengan ucapan "Waalaikum salaam wa rahmah". Orang kedua datang dengan mengucapkan "Assalaamualaikum wa rahmatullah". Maka Rasulullah membalas dengan, "Waalaikum salaam wa rahmatullah wabarakatuh". Ketika orang ketiga datang dan mengucapkan "Assalaamualaikum wa rahmatullah wabarakatuhu." Rasulullah SAW menjawab "Waalaika". Orang yang ketigapun kaget dan bertanya dengan rendah hati, "Wahai Rasulullah, ketika mereka mengucapkan salam yang ringkas kepadamu, engkau membalas dengan salam yang lebih baik kalimatnya. Sedangkan aku memberi salam yang lengkap kepadamu, engkau membalasku dengan sangat singkat hanya dengan waalaika." Rasulullah SAW menjawab, "Engkau sama sekali tidak menyisakan ruang bagiku untuk yang lebih baik. Karena itulah aku membalasmu dengan ucapan yang sama sebagaimana yang telah diajarkan Allah SWT. di dalam Al-Quran." Ternyata orang ketiga adalah orang kafir.

Dari kisah diatas, ternyata ada perbedaan dalam tata cara mengucap salam yang baik dan benar.
Semoga kita bisa ambil hikmahnya dan bermanfaat ya Kawan Unik. Sekian dan terimakasih. Wassalam.

Sebagian dikutip dari Wikipedia
Previous
Next Post »

8 komentar

Click here for komentar
September 24, 2016 at 8:21 AM ×

assalamu'alaikum ..
kembangkanlah salam :)
karena dengan salam kita bisa saling mendo'akan...

Reply
avatar
September 24, 2016 at 9:34 AM ×

Kalau mengucapkan via SMS atau BBM boleh gak kalau di singkat kang ?

Reply
avatar
Mang Lembu
admin
September 24, 2016 at 10:32 PM ×

sudah diriwayatkan dan malah dianjurkan oleh Agama Islam bahwa memberi Salam dan menjawab Salam adalah salah satu jalinan talihati sesama muslim....gituh deh kayanya, soal tata caranya juga sudah dijelaskan sangat gamblang kan

Reply
avatar
Kawan Unik
admin
September 26, 2016 at 2:16 AM ×

Wa'alaikumsalam..Waahh anda betul sekali sobat

Reply
avatar
Kawan Unik
admin
September 26, 2016 at 2:16 AM ×

kalo setau yg saya tau sih gak masalah kang, yg penting sama" ngerti maksud n tujuannya, maksudnya jgn ada salah satu yg salah paham gitu.

Reply
avatar
Kawan Unik
admin
September 26, 2016 at 2:17 AM ×

iya sob memang semuanya sudah jelas, tapi masalahnya jaman sekarang ini hal itu "salam" dianggap sepele.

Reply
avatar
Herman Bagus
admin
September 26, 2016 at 8:38 PM ×

Menjawab salam diatas, Wa'alaikumsalam, salam kenal gan dari Hermanbagus :)

Reply
avatar
Kawan Unik
admin
September 29, 2016 at 12:13 AM ×

salam kenal juga sob Hermanbagus

Reply
avatar